Departemen Apresiasi Mahasiswa

Departemen Apresiasi Mahasiswa (AM) adalah bagian dari BEM KM FMIPA UGM yang siap memberikan beragam warna di KM FMIPA sebagai pembeda dari yang lain. AM siap mencari bakat, memaksimalkan potensi, dan mengapresiasi segala prestasi yang ada. Departemen Apresiasi Mahasiswa memiliki fungsi sebagai wadah aspirasi, penggerak, penginisiasi, dan pengembang dibidang minat dan bakat agar terciptanya KM FMIPA yang berprestasi dan membanggakan.

Pada tahun 2016 Departemen Apresiasi Mahasiswa terdiri dari satu kepala departemen, tiga kepala divisi, dua staff ahli, dan sepuluh Staff. Kepala Departemen Apresiasi Mahasiswa adalah M.Rifqi ‘Amin’ Al-Ghifari (kimia 2014), AM terbagi menjadi tiga divisi yaitu divisi olahraga yang dikepala oleh Indriyani Zahrotun (kimia-2014), Divisi Seni yang dikepalai oleh Mitra Marita (Kimia-2014), dan Divisi Apresiasi yang dikepalai oleh Endah Suarsih (kimia-2014). Program Kerja yang di Departemen Apresiasi Mahasiswa, antara lain:

  1. Latihan Rutin Komunitas

Pada tahun 2016, AM kembali merintis dua komunitas olahraga yaitu bulutangkis dan bola voli. Selain itu, AM juga merintis dan menginisiasi komunitas baru yaitu tari aceh (Bungong Seulanga) dan Vocal Grup (VoScience) yang sebelumnya belum ada di FMIPA UGM. Komunitas ini dirintis sebagai pewarna pada keseharian KM FMIPA dan sebagai wadah minat dan bakat mahasiswa FMIPA UGM itu sendiri.

  1. Latihan rutin Internal BEM

Latihan rutin untuk internal BEM bertujuan untuk menjaga keseimbangan di dalam BEM itu sendiri. Selain itu, latihan rutin juga bertujuan agar menciptakan pengurus BEM yang sehat dan menyenangkan. Program ini diadakan secara rutin seminggu sekali dengan latihan yang berganti-ganti. Latihan rutin tersebut berupa bulutangkis, futsal, dan seni bermain gitar.

  1. Pengawalan Langkah-langkah Departemen Minat dan Bakat serta UKM Seni dan Olahrga di KM FMIPA UGM

Sebagai wadah penggerak dan pengembang dibidang minat dan bakat pastinya AM sangat bertanggung jawab atas semua kerja yang dilakukan Departemen Minat dan Bakat (MiKat) dan Lembaga Seni dan Olahraga di KM FMIPA agar dapat berjalan sinergis dan lancar dalam segala urusannya. Oleh karena itu AM memiliki fungsi pengawalan agar dapat terus merangkul teman-teman dari KM FMIPA UGM.

  1. Dekan Cup FMIPA UGM 2016

Sebenarnya, Dekan Cup 2016 merupakan program kerja bersama dengan Forum MIKAT FMIPA UGM. Namun disini AM bertugas sebagai penggerak dan penginisiasinya dalam pembentukan panitia dan pengawal kerja dekan cup agar sesuai dengan esensi dan tujuan diadakannya.

  1. BEM CUP 2016

BEM CUP merupakan ajang seni olahraga internal BEM KM FMIPA UGM yang melibatkan tiga kabinet terakhir. Tujuan diadakannya adalah agar menimbulkan rasa kekeluargaan dan semangat berjuang sesama anggota BEM serta untuk terus menjaga komunikasi antara alumni BEM sebelumnya.

  1. Manager Porsenigama

Apresiasi Mahasiswa memiliki tugas  atas pencarian, pendaftaran, penseleksian dan memaksimalkan prestasi bibit-bibit unggul yang akan berlaga di porsenigama. AM disini pun sebagai sosok pendamping saat atlet-atlet FMIPA untuk porsenigama sedang berlaga.

  1. Apresiasi Mahasiswa

Ini meruapakan Misi utama dalam AM, sesuai namanya yang sama dengan nama departemen, Apresiasi Mahasiwa.  Program kerja ini berupa  pendataan dan publikasi prestasi-prestasi yang diraih mahasiswa dalam beberapa periode. Tujuannya agar seluruh masyarakat di KM FMIPA UGM mngetahui bahwa mahasiswa FMIPA UGM itu sangat berprestasi serta terus menimbulkan semangat untuk terus berkarya.

  1. Malam Apresiasi

Malam Apresiasi adalah malam puncak penghargaan bagi seluruh mahasiswa FMIPA UGM yang berprestasi. Malam apresiasi adalah malam dimana prestasi-prestasi di FMIPA UGM dapat di perlihatkan dan dirangkai dalam suatu acara yang akan dilihat masyakarakat FMIPA UGM secara terbuka. Sehingga dapat menciptkan rasa bangga dan terus memotivasi pelanjut orang-orang yang berprestasi di KM FMIPA UGM.