Home » Kementrian PPM

Kementrian PPM

Kementerian Pengembangan Potensi Mahasiswa yang akrab dikenal dengan nama PPM, merupakan salah satu dari empat kementerian yang ada dalam Kabinet Revolusi BEM KM FMIPA UGM. Kementerian ini terdiri dari dua departemen, yaitu Departemen Apresiasi Mahasiswa dan Kewiraswastaan. Sesuai  dengan departemen yang dibawahinya,Kementerian PPM merupakan wadah pengembangan potensi  mahasiswa FMIPA UGM khususnya di bidang seni, olahraga, dan wirausaha. Arah gerak dari kementerian PPM sendiri secara umum mengikuti dua departemen tersebut. Hanya saja ada program kerja dibawah kementerian PPM yang tidak langsung mengikutsertakan dua  departemen tadi, melainkanmengikut sertakan KM FMIPA. Program kerja yang dimaksud adalah Pemilihan Mahasiswa Berprestasi FMIPA UGM. Selain itu, program kerja kolaborasi dua departemen tersebut  adalah acara Syukuran Wisuda KM FMIPA UGM.

Kementerian PPM berfungsi sebagai media  koordinasi antar Departemen AM dan Kewiraswastaan dan dipimpin oleh seorang Menteri Kordinator (Menko), sama seperti tiga kementerian lainnya. Arah gerak dari Menko sendiri secara umum adalah sebagai pengawas arah gerak dari masing masing departemen dan bertanggung jawab atas beberapa agenda KM FMIPA UGM, seperti Dekan Cup, Mahasiswa Berprestasi  dan MIPA EXPO yang berkolaborasi bersama Kementrian Jaringan. Bentuk koordinasi didalam tubuh kementerian PPM adalah dengan mengadakan rapat rutin setiap dua bulan sekali dan diskusi secara informal dengan kepala departemen atau kepala divisi. Sedangkan bentuk koordinasi dengan internal ataupun eksternal lembaga KM FMIPA adalah dengan rapat ketua lembaga bersama Presiden Mahasiswa.

Berikut ini adalah Fungsi dari Menko PPM  sesuai arah gerak yang telah disepakati:

  1. Memantau program kerja yang dilakukan masing-masing departemen
  2. Mengarahkan program kerja agar sesuai dengan yang seharunya
  3. Memberi pendapat dan masukan tanpa intervensi berlebihan terhadap program kerja departemen
  4. Mengadakan kordinasi sesuai alur kordinasi, baik internal maupun eksternal kementerian
  5. Menanggungjawabi kegiatan KM FMIPA UGM yang berhubungan dengan pengembangan potensi mahasiswa, sesuai arahan Presiden Mahasiswa.