Home » Kementrian Pelayanan » Departemen Kajian Strategis

Departemen Kajian Strategis

Kajian Strategis

BEM KM FMIPA UGM 2016

Deskripsi

Departemen Kajian Strategis (Kastrat) merupakan salah satu departemen yang dalam BEM KM FMIPA UGM Kabinet Revolusi ini berada dibawah Kementrian Pelayanan. Kastrat hadir untuk mengkaji dan memahami isu-isu strategis dalam perspektif MIPA dengan harapan hasil dari kajian menjadi salah satu solusi alternatif dalam memecahkan persoalan-persoalan yang berada di sekitar MIPA UGM, UGM maupun Nasional.

Di tahun 2016 ini kastrat akan mencoba untuk menghadirkan semangat mengkaji dan bermanfaat untuk MIPA, terutama dalam bidang energi, lingkungan, dan pendidikan. Kami ingin bekerja sebagai dapur bagi mahasiswa MIPA yang memiliki keresahan bersama untuk mencari jalan keluar dari suatu persoalan tanpa menyebabkan munculnya persoalan-persoalan yang lain. Kami membawa semangat dari tahun 2015 untuk tetap menghidupkan, mengobarkan dan meningkatkan kemampuan berdialektika mahasiswa MIPA. Kami juga hendak menghadirkan perspektif baru dalam menyikapi isu sehingga terbentuk mahasiswa MIPA yang sadar, bijak, adil dan proaktif dalam membantu menyelesaikan akan persoalan-persoalan yang ada disekitarnya.

Selama tahun 2015 kami telah menghadirkan kajian yang berkaitan dengan pendidikan di Dilematika Kuliah 5 Tahun; Kajian tentang energi di Ada Apa Dengan BBM?; Siapkah Indonesia untuk Meninggalkan Batubara?; Serta kajian yang berkaitan dengan lingkungan Mau Dibawa Kemana Asap Kita; serta diskusi-diskusi internal di sore hari yang menyegarkan di selasar selatan MIPA Utara.

Kajian Strategis BEM KM FMIPA UGM Kabinet Revolusi memiliki 2 Divisi didalamnya, yakni Divisi Publikasi dan Relasi yang dipimpin oleh serta Divisi Isu Strategis.

Program Kerja

Kajian MIPA

Kajian Internal BEM

Leaflet MIPA

Buku Kastrat

Susunan Departemen

Kepala Departemen     :

Bagas Ikhsan Pratomo (Kimia 2014)

Sekretaris Departemen :

Ratri Kirana (Kimia 2014)

Kepala Divisi                 :

  1. Khansa Nabila Izzati (Kimia 2014) [Divisi Publikasi dan Relasi]
  2. Rahmat Hidayat (Geofisika 2014) [Divisi Isu Strategis]

Staf Ahli                        :

  1. Muhammad Khairurrijal (Fisika 2014)
  2. Nia Lisna (Kimia 2014)
  3. Syahdan Akbar (Geofisika 2014)

Staf                                :

  1. Acito Aprilianto (Geofisika 2015)
  2. Muhammad Nail Mumtaza (Fisika 2015)
  3. Aris Setiawan (Kimia 2015)
  4. Haidar Allam (Geofisika 2015)
  5. Farchan Hakim Raswa (Elektronika dan Instrumentasi 2015)
  6. Jauza Akbar Krito (Fisika 2015)
  7. Sunarya Tri Sumitra (Kimia 2015)

 

Kami sangat terbuka bagi kawan-kawan mahasiswa MIPA yang memiliki keresahan disekitar MIPA agar dapat menyalurkan keresahannya kepada kami