Home » Kementrian Pelayanan » Departemen Advokasi

Departemen Advokasi

Advokasi yang dalam bahasa Inggris disebut dengan advocacy, adalah suatu bentuk tindakan yang menjurus pada pembelaan, dukungan, atau suatu bentuk rekomendasi, yaitu dukungan aktif. Pada tingkat mahasiswa, advokasi biasa dikenal sebagai salah satu departemen dari BEM/LEM/DEMA/LM yang bertugas menjaring aspirasi mahasiswa dan memperjuangkan hak-hak mahasiswa yang belum terpenuhi.

Departemen Advokasi pada kepengurusan BEM KM FMIPA 2016 ini, ditempatkan dalam Kementerian Pelayanan bersama dengan Departemen Kajian Strategis dan Departemen Sosial.

Sebagaimana pengertian advokasi, seperti itu pula tugas Departemen Advokasi.  Sehingga, untuk memenuhi fungsi tersebut, Departemen Advokasi mempunyai beberapa program kerja, antara lain :

  • Seminar Beasiswa, yang bertujuan sebagai sarana informasi terkait beasiswa baik dalam maupun luar negeri dengan mendatangkan beberapa pembicara dalam bentuk seminar ataupun talkshow. Program kerja ini biasanya diadakan pada akhir bulan Oktober atau awal November.
  • Hearing Dekanat, ajang dimana mahasiswa dipertemukan dengan pihak Dekanat Fakultas dan membahas berbagai keresahan mahasiswa seperti UKT, pembangunan gedung, dan sarana prasarana serta hal lainnya.
  • Posko Advokasi MIPA dan Posko Advokasi UGM (Pusat) , berupa sarana pengaduan bagi mahasiswa FMIPA terkait masalah UKT, baik pengajuan keringanan / penurunan UKT, penundaan dan sebagainya. Sedangkan Posko Advokasi UGM (Pusat) masih dengan masalah yang sama, hanya saja lebih dikhususkan kepada mahasiswa baru ketika penerimaan dilaksanakan.
  • Pengampuan Beasiswa PPA/BBP. Pada beberapa tahun sebelumnya, advokasi mengadakan pengumpulan berkas dan pendataan bagi mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa tersebut.
  • Peringatan Hari Pendidikan Nasional. Pada tahun ini, program ini merupakan kolaborasi kementerian pelayanan dan biasanya dilaksanakan di Desa Mitra BEM KM FMIPA UGM, dengan mengadakan berbagai perlombaan untuk anak – anak sekitar serta penyuluhan atau pembinaan bagi orang tua siswa.

Selain beberapa program kerja besar diatas, Advokasi BEM KM FMIPA  tentu mewakili fungsi aspirasi dari mahasiswa. Selain dengan adanya hearing dekanat, pihak Advokasi juga akan berusaha menjaring aspirasi dari tiap – tiap lembaga yang ada di KM FMIPA dengan  kunjungan santai, yang sekiranya dapat diwujudkan dalam waktu dekat ini. Fungsi ini juga dapat dilakukan dengan  penyebaran kuisioner terkait permasalahan yang ada di FMIPA UGM.

Departemen Advokasi juga selalu berusaha untuk menjadi penyedia informasi di lini terdepan terkait permasalah Akademik seperti; jadwal heregitrasi, pembayaran UKT ,dan berbagai jenis beasiswa. Selain itu, pengaduan terkait UKT pun bisa diadukan sepanjang waktu kepada pihak advokasi.

Pihak advokasi juga membahas beberapa isu yang ada baik di lingkungan internal MIPA, maupun UGM seperti; pengawalan gedung C, kejelasan parkir  dan lapangan untuk SBA, kejelasan tempat kuliah, pengawalan kawasan merokok, pengawalan dan pembagian sekretariat lembaga , pengawalan PPSMB PALAPA 2016, dan isu – isu khusus lainnya yang mungkin akan terjadi selama satu tahun kedepan.

Advokasi BEM KM FMIPA juga cukup aktif berkontribusi bersama advokasi se-UGM yang diwujudkan dalam Forum Advokasi Mahasiswa UGM. Selain Posko advokasi UGM, kerjasama yang dilakukan bersama dengan forum ini ialah pengadaan Sekolah Advokasi yang ditujukan khusus untuk staff – staff advokasi seluruh lembaga di UGM.

Harapan kedepan, mahasiswa FMIPA mampu bekerja sama dalam pengadvokasian masalah yang terdapat di FMIPA  tercinta ini. Selain itu, advokasi dapat berperan sebagai media penyebarluasan informasi agar penyampaian informasi dapat lebih maksimal.