Biro MSDM

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Mahasiswa merupakan satu-satunya biro yang terdapat di BEM KM FMIPA UGM. Biro ini adalah biro yang tersantai dalam menjalankan prokernya. Namun, biro yang paling sibuk mengayomi internal BEM KM FMIPA UGM bersama sekretaris jendral. Setahun ke depan ini, kami fokus terhadap kekeluargaan BEM KM FMIPA UGM agar nantinya menjadi lebih solid, dan juga mempersiapkan kader-kader BEM untuk kepengurusan selanjutnya.

Biro MSDM Kabinet Revolusi BEM KM FMIPA UGM 2016 akan dijalankan oleh 1 orang kepala biro dengan 2 orang supervisor, yakni:

  1. Aldila Riza Pratiwi (CP:081282367357): Head of Bureau
  2. Suci Nurani S (CP: 081514251411): Recruitment and Development Supervisor
  3. Nanda Noor H A (CP: 081909973743): Appreciation and Personnel Supervisor

 

Arahan Gerak Kontribusi:

  1. Bertanggung jawab dalam proses kaderisasi kepemimpinan BEM KM FMIPA UGM
  2. Menyelenggarakan agenda kekeluargaan internal BEM KM FMIPA UGM
  3. Bertanggungjwab dalam penik=ngkatan skill keorganisasian tiap insan BEM KM FMIPA UGM
  4. Mengawasi proses oprec bersama seluruh lembaga MIPA
  5. Menjadi pintu tunggal keluar masuknya staff BEM
  6. Bersama sekretaris jenderal memantau kinerja tiap-tiap staff/kadept/kabiro/kadiv dalam menjalankan fungsinya
  7. Berkoordinasi staff dengan PSDM tiap lembaga baik internal MIPA maupun UGM

 

Sedangkan untuk program kerja yang akan dijalani antara lain, yaitu:

  1. Forsa PSDM

Mengumpulkan seluruh biro/departemen HRD/HRM dan sejenis se BEM UGM untuk saling bertukar ilmu dalam pengembangan dan manajemen SDM masing-masing fakultas, serta menyatukan pola pikir dan alur pengkaderan KM FMIPA UGM

 

  1. Outbound KM FMIPA UGM

Peningkatan rasa kekeluargaan KM FMIPA UGM sekaligus mengembangkan jiwa kepemimpinan dan penyatuan pola pikir PH/PI KM FMIPA UGM dalam mengemban tugas sehingga setiap program kerja yang dilaksanakan memiliki orientasi yang sama untuk memajukan FMIPA UGM

 

  1. SGPC

Upgrading pertama kader BEM sekaligus pelantikan staff magang sebagai anggota resmi BEM KM FMIPA UGM. Berfungsi untuk  menanamkan ideology BEM kepada staff baru BEM KM FMIPA UGM sehingga ketika mereka bekerja ke depannya di departemen masing-masing tetap membawa ideology yang sama.

 

 

  1. Training kader

Mengembangkan potensi dan kemampuan kader BEM sedemikian sehinga dapat bekerja maksimal dan memiliki bekal setelah keluar dari BEM. Kegiatan diusahakan dalam bentuk aktivitas outdoor.. Namun, jika tidak memungkinkan dibuat dalam aktivitas kelas.

 

  1. FGD

Penguatan ideologi organisasi ke dalam kader-kader BEM KM FMIPA UGM. Selain itu juga untuk menambah pengetahuan kader BEM KM FMIPA UGM tentang pergerakan pemuda dan mahasiswa serta politik kampus dll, membangkitkan sifat kritis, dan menanamkan jiwa diskusi dan bertukar pendapat

 

  1. Open recruitment dan Open house

Mengisi ulang kuantitas kader BEM sehingga BEM KM FMIPA UGM tidak kekurangan SDM dalam menjalankan fungsinya, dan juga memperkenalkan BEM ke seluruh masyarakat ( baik internal maupun eksternal MIPA) terutama  ke mahasiswa baru BEM KM FMIPA UGM

 

  1. Acara magang staff baru

Staff magang BEM KM FMIPA UGM diberikan tugas bersama dalam bentuk wawancara kepada BEM Fakultas lain di UGM per kelompok, dan acara sosial untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesamma, sehingga diharapkan antara staff magang satu dengan yang lainnya dapat mengenal dengan baik.

 

  1. Pengawasan Departemen (Satelit)

Mengawasi dan memantau kinerja kader BEM KM FMIPA UGM  di departemen masing-masing, serta memastikan kestabilan semangat dan emosi mereka dalam bekerja di BEM KM FMIPA UGM.

 

  1. Forum Keluarga

Memperkuat ikatan kekeluargaan seluruh BEM KM FMIPA UGM ( baik staff maupun PH/PI) dalam bentuk sharing-sharing permasalahan atau keinginan tertentu, dapat dibuat dalam bentuk main bersama

 

  1. Evaluasi Tengah Tahun dan Akhir Tahun

Mengevaluasi kinerja BEM KM FMIPA UGM secara keseluruhan. Termasuk menyampaikan masalah setengah tahun sebelum  yang telah dihadapi dan mempersiapkan diri melaksanakan tugas setengah tahun tersisa, dengan bekerjasama dengan Menko masing-masing departemen.

 

  1. Penilaian kualitas kader

Mengevaluasi kualitas kader BEM KM FMIPA UGM selama satu periode kepengurusan. Sehingga dapat dilihat siapakah kader-kader yang pantas untuk mengemban tugas berat pada peridoe selanjutnya. Dinilai melalui satelit masing-masing dept/biro dan kadept/biro beserta menko

 

  1. Pendataan

Mensurvey jumlah anggota BEM yang masih aktif. Hasil program kerja ini digunakan untuk menentukan pengadaan Oprec, jumlah sertifikat, data ulang tahun, dan lain-lain.

 

  1. Best Staff Departmen/Bureau

Mengapresiasi kinerja baik staff dan departemen BEM sehingga mereka dapat terpancing lagi untuk melakukan kinerja baik. Serta memotivasi staff dan departemen yang lain untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya.

 

  1. Bemphoria

Acara internal perpisahan PH/PI periode 2016 ke staff BEM pada akhir periode kepengurusan, dengan bekerjasama dengan departemen HUMAS.

 

  1. Leadership Camp

Mempersiapkan pengurus inti, pengurus harian dan staff ahli periode berikutnya yang akan dilakukan dalam bentuk kuliah umum dan aksi nyata ke jalan.