Departemen Media Informasi

Media Informasi (Medinfo) BEM KM FMIPA UGM

Dalam kabinet REVOLUSI ini, Medinfo mengusung keyakinan yang komunikatif, informatif kreatif dan apresiatif. Belajar selami dunia media, dari yang maya hingga yang nyata. Merupakan corong suara BEM KM FIMPA, yang memberikan nyanyian yang syahdu. Departemen ini bukahlah yang terlihat bersinar di atas panggung pergerakan, yang berbicara dengan lantang, yang disoroti oleh setiap insan. Akan tetapi, departemen ini ialah bukti adanya pergerakan dibalik layar dengan tulisan, dengan propaganda yang dikemas secara artistik, dan dengan penyebaran media massa.

Struktural Departemen Media Informasi terbagi menjadi tiga divisi, yaitu Divisi Redaksi, Divisi Publikasi Artistik (Pubart), dan Divisi Media dan Teknologi (Medtek). Departemen Media Informasi dalam pelaksanaan program kerjanya mengalir dari satu divisi ke divisi lainya. Redaksi merupakan divisi awal yang membuat informasi sendiri itu ada, memastikan informasi yang diperoleh bukanlah sebuah kebohongan, dan juga melakukan fungsi editoring pada setiap informasi yang akan keluar atas nama BEM KM FMIPA UGM baik dari Departemen Media Infomrasi sendiri maupun dari departemen lain. Dilanjutkan dengan Divisi Publikasi Artistik yang memikirkan tampilan dan pengemasan informasi yang ada sehingga menarik untuk dibaca,  dapat membuat orang yang melihatnya dalam hitungan detik tertarik untuk sejenak berhenti dan membaca informasi yang ada. Yang terakhir adalah Divisi Media Teknologi yang bertanggung jawab dalam penyebaran informasi yang telah siap baik lewat sosial media seperti Facebook, Twitter, Line, ataupun instagram hingga melewati web resmi BEM KM FMIPA UGM>

Departemen Medinfo memiliki sejumlah  program kerja bersama ,antara lain:

  1. KOSMA (Koran Seputar MIPA)

Merupakan koran dinding yang memuat informasi yang acap kali dibahas dalam MIPA pada bulan tersebut. Seperti namanya, informasi yang dibahas berkutat dalam lingkup FMIPA dan hanya disebar dalam lingkup FMIPA UGM.

  1. Buletin Scietica

Merupakan majalah yang terbit sekali dalam satu semester. Isinya tentu saja tergantung tema yang dibawa, akan tetapi hal yang pasti ada dalam Buletin Scintica seperti; isu advokasi, isu kajian strategis, dan liputan kegiatan lembaga-lembaga selain BEM yang ada KM FMIPA.

  1. Buku Profil BEM KM FMIPA UGM

Program kerja yang satu ini berbentuk  buku yang memuat struktur BEM KM FMIPA UGM berserta diskripsi dari tiap departemnya. Buku ini hanya diberikan kepada lembaga di luar UGM yang melakukan kunjungan di FMIPA UGM.

Walaupun program kerja Departemen Media Informasi seperti penjelasan diatas, selalu sambung menyambung antar divisi, setiap divisi tetap memiliki tanggung jawabnya sendiri-sendiri. Yang pertama ialah Divisi Redaksi dengan beberapa tanggung jawab kepada Departemen Media Informasi seperti:

  1. Sinergis (Buku Tahunan KM FMIPA)
    Persis seperti namanya, buku tahunan ini beredar satu kali dalam satu periode kepengurusan KM FMIPA UGM. Pada setiap periode kepengurusan, isi dari Sinergis sendiri selalu berbeda-beda dan merupakan kebijaksanaan Kepala Departemen Media Informasi.
  2. Caption Making
    Program kerja ini sebenarnya tidaklah resmi dan sangat conditional. Ketika ada visualisasi hari besar, hari-hari penting yang berkaitan dengan akademik, maupun hari penting untuk KM FMIPA dari Divisi Publikasi Artistik, redaksi bertanggung jawab dalam pembuatan caption yang selanjunya akan disebar oleh Divisi Media Teknologi.
  3. Editoring
    Editoring ini tidak hanya berlaku untuk informasi yang dikeluarkan oleh MedInfo sendiri, akan tetapi oleh BEM KM FMIPA UGM. Sebagai contoh adalah rilis kajian maupun isu advokasi.

Kemudian, untuk Divisi Publikasi Artistik antara lain:

  1. Visualisasi Hari Besar dan KM FMIPA
    Hari besar yang dimaksud bukan hanya hari besar nasional, melainkan juga hari besar agama. Proker ini adalah yang paling banyak dikeluarkan oleh Media Informasi dalam satu periode kepengurusan karena jumlahnya yang banyak.
  2. Pembuatan Poster BEM KM FMIPA UGM
    Setiap departemen di BEM KM FMIPA UGM dalam publikasi program kerjanya dapat meminta tolong kepada divisi ini dalam hal pembuatan poster dengan mematuhi SOP yang ada.

Untuk Divisi Media Teknologi, tanggug jawab yang harus dioenuhi antara lain:

  1. Media Sosial dan Web
    Seluruh media sosial yang BEM KM FMIPA UGM miliki merupakan tanggung jawan divisi ini. Pengelolaan dan kebijakan publikasi informasi dari BEM KM FMIPA UGM adalah wewenang dari Media Tekonologi.
  2. Video FMIPA UGM
    Video ini dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan FMIPA UGM kepada masyarakat luas agar tahu dan tertari pada FMIPA UGM.
  3. KOMED dan FOMED
    KOMED merupakan Komunitas Media dalam lingkup FMIPA UGM sedangkan FOMRED adalah Forum Media dalam lingkup UGM. Kedua komunitas ini merupakan tanggung jawab Divisi Media Tekonologi.