CELOTEH-AN KAMI MENGENAI PEMILIHAN DEKAN FAKULTAS MIPA

  • 0

CELOTEH-AN KAMI MENGENAI PEMILIHAN DEKAN FAKULTAS MIPA

Category : Advokasi , Tak Berkategori

Salam sejahtera buat tementemen FMIPA (khususnya dong yaaa) yang sedang liburan maupun yang sedang menjalankan amanah nya di Fakultas hehe

Kami disini sebagai Keluarga Advokasi FMIPA pengen bangeettt ngasih tau ke tementemen kalo di Fakultas kita ituu lagi ada EVENT besar-besar an, mau tau mau tau mau tauuuuu? 😀

Sekedar intermezzo aja yaa nih tementemen sebelum kita bahas lebih lanjut. Kami sengaja iseng lah buat ngepo-in salah satu temen buat nanya tentang event yang “bergengsi” ini. Gini ceritanya :

A : Eh, gue ada kabar baru nih di MIPA

B : Apaaa?

A : masa sih lu ga tauu -_-

B : Terus apaaa EVENT-nya?????

A :Mau tau yaaa???

B :-___- *mukadatar

A : mau tau bangetbanget yaaa???

B : teruuss masalah buat gue????

A : IYA INI MASALAH BUAT LO *teriak

B : gue ?? MIPA?? Gue kaan anak baikbaik, sorry broo

A : yakin?? Haha, mau gue kasih tau gaaa??

B : Iyeee, udeh apaaan??

A : Pemilihan Dekan, bro

B : (kaget) WOW , itu baru “masalah” buat gue, kesejahteraan tementemen gue, BapakIbu gue, sodara gue, kakek gue, nenek gue, om tante gue, sepupu gue, adek gue, kakek angkat gue, emak tiri gue, DAN PASTI NYA TEMENTEMEN FMIPA GUE !

A : please deh ah -__- ini juga “masalah” buat gue, broo. Nah skrg mending kita bahas bareng tementemen supaya semua masalah lo dan keluarga lo, eh enggaaaaaaaa!!! Buat semua keluarga FMIPA deh pokoknya , yuk ah kita kajiaaaaaannn J

Nah pokoknya pengenalan mengawali celotehan tentang PILDEK ini yaa seperti cerita singkat di atas. Untuk melanjutkan pengenalan mengenai PILDEK , kami akan bahas lebih mendalam pada uraian berikut ini. Disini, kami mengambil tema yang berisikan “Tampuk Nahkoda Kepemimpinan dalam Asa dan Rasa Kesejahteraan Hakiki Ilmuwan Indonesia”.

Tampuk Nahkoda Kepemimpinan dalam Asa dan Rasa Kesejahteraan Hakiki Ilmuwan Indonesia

Temen-temen, seperti yang kita tau. Kalo hari-hari ke depan ada event yang sangat penting buat keluarga FMIPA. Ya, mengenai Pemilihan Dekan Fakultas MIPA. Mungkin masih banyak temen-temen yang lagi liburan dan mungkin aja belum pada tau tentang event “besar” ini. Oleh karena itu, kami berusaha memberikan informasi yang transparatif buat temen-temen tau kalo sekarang kita patut untuk bersuara bahkan menyuarakan aspirasi “siapa pemimpin dalam keluarga kita kelak?”. Pertanyaan itu dapat dijawab dengan adanya Pemilihan Dekan di FMIPA ini.

Temen-temen juga perlu tau bagaimana dan seperti apa berjalannya proses Pemilihan Dekan FMIPA ini. Namun sebelumnya, temen-temen juga perlu tau kalo pemilihan ini memiliki tujuan yang amat mulia. Seperti judul yang telah dituliskan yaitu mengenai Tampuk Nahkoda Kepemimpinan. Proses pemilihan Dekan ini merupakan pergantian periode kepemimpinan dengan kehadiran beberapa calon pemimpin yang akan menjalankan amanah nya. Dapat kita bandingkan bagaimana tata cara pemilihan dekan ini yang sangat berbeda dengan pemilihan rektor. Di FMIPA sendiri, belum terdengar “gaungan” yang kencang menyuarakan bahwa ada event besar ini. Sebagian saja memang yang mengetahui. Namun hal tersebut bukan menjadi satu masalah pelik jika informasi ini dapat segera disebarluaskan menjadi perbincangan yang amat harus diperhatikan. Tampuk Nahkoda Kepemimpinan ini akan segera berpindah dalam tata cara yang pastinya sesuai dengan visi, misi dan sasaran FMIPA itu sendiri.

Pemimpin diidentikan dengan sebuah “identitas”. Identitas dalam hal ini bukan diartikan sebagai kata benda, namun identitas disini adalah penggambaran karakterisitik keloyalitas-an kepemimpinan yang tentunya memperhatikan kesejahteraan masyarakatnya tanpa memihak. Kesejahteraan yang dimaksud adalah kesejahteraan sebagai mahasiswa/i FMIPA yang terpenuhi dengan segala naungannya sesuai dengan visi, misi dan sasaran dari FMIPA itu sendiri. Visi, misi dan sasaran FMIPA dapat dijadikan sebagai “teman” melangkah bagi tampuk pergantian kepemimpinan ini. Kepedulian akan siapa yang menjalankan tampuk kepemimpinan tersebut, menjadi hal yang sangat berpengaruh ketika kita salah memilih.

Dekan? Pemimpin? Ya, Dekan adalah seorang pemimpin di tingakat Fakultas yang tentunya menjalankan segala amanah nya sesuai dengan visi,misi dan sasaran di fakultasnya. Sebagai Fakultas yang sarat dengan ilmu alam dan lebih berkontribusi pada kesejahteraan ilmuwan,nantinya. Seperti yang telah diketahui, mahasiswa/i FMIPA memang bukan sebagai “mesin pencetak” yang nantinya hanya dimanfaatkan dalam kesempatan semata, bahkan dengan luhur menyumbangkan ilmunya bagi kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Hal ini sangat penting diperhatikan bagi tampuk kepemimpinan Dekan FMIPA selanjutnya.

PILDEK ini “sepengalaman” tahun lalu, mahasiswa belum sepenuhnya ikut serta dalam menyumbangkan suaranya. Hari ini, saat PILDEK hari ini, kami berniat untuk mengajukan “kajian” mengenai “tuntutan” akan partisipasi mahasiswa/i dalam PILDEK kali ini. Hal ini sangat penting karena komunikasi harus diperhatikan antara mahasiswa/i dengan pihak Dekanat sehingga dapat meningkatkan kesinergisan tugas dalam memnjalankan visi,misi dan sasaran di FMIPA. Disini sebenarnya tidak harus semuanya mengikuti PILDEK dan menyuarakan suaranya. Kami, Department Advokasi FMIPA, telah membuka alur komunikasi melalui media sosial agar suara semua mahasiswa/i FMIPA dapat kami tampung dan kami bawa sebagai “tuntutan” bersyarat bagi PILDEK hari ini. “Tuntutan” tersebut tidak berisikan kritikan tajam, hanya saja sebuah masukan dan pembenahan tampuk kepemimpinan sebelumnya.

Kriteria yang seperti apa yang dibutuhkan menjadi calon Dekan? Bagaimana alur kaderisasinya? bagaimana jadwal alur kaderisasinya? Hal ini sangat amat penting diperhatikan agar ketika calon pemimpin kita menyuarakan asipirasi dapat sesuai dengan alur prosedur kaderisasi. Informasi tersebut dapat diunduh di website : ugm.ac.id mengenai pemilihan dekan 2012-2016. Dalam informasi tersebut terlihat jelas bagaimana calon pemimpin disesuaikan kriteria nya menurut universitas agar layak menjalankan kepemimpinannya.

Asa dan Rasa dalam Kesejahteraan Hakiki Ilmuwan Indonesia memiliki peranan dan pengaruh penting yang dapat disinergiskan untuk tampuk kepemimpinan selanjutnya. FMIPA sebagian besar berkecimpung dengan dunia riset dan ilmiah. Oleh karena itu, dukungan terwujudnya “Kesejahteraan Hakiki Ilmuwan Indonesia” sangat penting diperhatikan untuk dijadikan sebagai “teman” pendamping visi,misi dan sasaran FMIPA bagi Indonesia.

Siapa yang akan terpilih nanti? Apakah suara mahasiswa/i akan terealisasikan? Apakah “tuntutan” dapat berjalan sesuai dengan apa yang mahasiswa/i fikirkan selama di FMIPA ini? Apakah setelah pemilihan Dekan selanjutnya “kesinergisan” kepemimpinan dengan komunikasi mahasiswa/i dengan pihak Dekanat dapat berjalan komunikatif? Bagaimana jajaran tampuk kepemimpinan selanjutnya mendukung suara mahasiswa/i FMIPA?

Sekian,

Fatimah Nopriardy


About Author

BEM KM FMIPA UGM

Sebuah Website dari BEM KM FMIPA UGM

Leave a Reply